Bank Mandiri Siapkan Rp31,6 Triliun untuk Antisipasi Lonjakan Kebutuhan Uang Tunai Saat Ramadhan

Karyawan bank menunjukkan uang yang disetor nasabah. (dok.ist)

ESG News – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mengalokasikan uang tunai sebesar Rp31,6 triliun guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan masyarakat selama periode 10 Maret hingga 8 April 2025, yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dan persiapan Idul Fitri 1446 H.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Edwin Nugraha Putra, mengungkapkan bahwa jumlah tersebut disiapkan guna memastikan kelancaran kebutuhan transaksi masyarakat, termasuk pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) yang biasanya meningkat menjelang hari raya.

“Sebagian besar dari alokasi ini akan digunakan untuk mengisi lebih dari 12.905 unit ATM/CRM Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Total pengisian diperkirakan mencapai Rp48,6 triliun selama periode tersebut,” ujar Edwin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (14/3/2025).

Selain memastikan ketersediaan uang tunai di ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan layanan digital melalui aplikasi Livin’ by Mandiri dan 264.000 mesin EDC di berbagai mitra bisnis. Dengan layanan ini, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi mulai dari transfer, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, hingga top-up e-wallet dengan mudah dan cepat.

Peningkatan Layanan Jelang Lebaran

Untuk mendukung kelancaran transaksi di periode Ramadhan hingga Lebaran, Bank Mandiri akan melakukan preventive maintenance terhadap 2.842 unit ATM/CRM di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi-lokasi strategis seperti rest area, bandara, dan pusat perbelanjaan.

Selain itu, guna meningkatkan kemudahan transaksi bagi nasabah, Bank Mandiri telah menyiapkan 264.000 mesin EDC serta berbagai kanal pembayaran digital melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Aplikasi ini memungkinkan pengguna melakukan berbagai transaksi finansial, termasuk pembayaran tagihan, transfer dana, top-up e-wallet, hingga pemesanan tiket perjalanan dan tempat wisata melalui fitur Sukha.

Bank Mandiri juga berpartisipasi dalam program penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI). Layanan ini tersedia bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang tunai dalam pecahan kecil untuk kebutuhan Lebaran.

“Masyarakat dapat memanfaatkan layanan penukaran uang ini melalui lokasi-lokasi yang telah ditentukan, dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu di platform pintar.bi.go.id,” tambahnya.

Sebagai langkah antisipasi, Bank Mandiri juga akan melaksanakan preventive maintenance pada ribuan unit ATM/CRM untuk memastikan ketersediaan uang tunai selama Ramadhan dan Lebaran. Layanan perbankan digital serta sistem transaksi juga akan terus dipantau guna menjamin kenyamanan nasabah dalam beribadah dan merayakan Idul Fitri.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan terbaik bagi nasabah agar dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman selama bulan suci ini,” pungkas Edwin. (ESG-1)

 

Related posts