ESG News -PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia meraih pasar global. Produsen camilan keripik tempe, Kultiva Co, menjadi salah satu UKM yang mengikuti program Xpora hingga meraih pembeli dari China.
Dengan dukungan dari BNI Xpora, Kultiva Co berhasil memperluas jangkauan pasarnya ke 10 negara, termasuk Jerman dan Thailand. Baru-baru ini, Kultiva Co melakukan pelepasan ekspor ke China, menandai awal dari ekspansi pasar ke negara-negara lain di Asia.
“Kami sangat berterima kasih kepada BNI Xpora yang telah membantu kami dalam perluasan akses pasar dan koneksi dengan pembeli internasional,” kata Suryaningsih Wibowo, pemilik Kultiva Co. “Dukungan BNI Xpora sangat bermanfaat, terutama dalam aspek pemasaran dan koneksi dengan pembeli internasional.”
BNI Xpora adalah program yang diluncurkan oleh BNI pada Agustus 2021 untuk mendukung UKM Indonesia dalam melakukan ekspor produknya ke berbagai negara. Program ini menawarkan beragam layanan lengkap, dari pelatihan, pendampingan, pembiayaan, dan fasilitas akses pasar.
“Kami sangat senang melihat Kultiva Co berhasil menembus pasar global dengan dukungan dari BNI Xpora,” kata Okki Rushartomo, Corporate Secretary BNI. “Kami berharap program ini dapat terus membantu UKM Indonesia dalam meningkatkan ekspor dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia.”
Dengan pertumbuhan yang pesat dan dukungan dari berbagai pihak, Kultiva Co optimistis dapat terus memperluas pasar dan membawa produk keripik tempe serta keripik buah lainnya ke lebih banyak negara di dunia.“
“BNI Xpora sangat membantu kami dalam pemantauan pembayaran dari buyer yang juga menggunakan layanan BNI di luar negeri,” kata Suryani. “Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan BNI Xpora untuk meningkatkan ekspor dan membawa produk Indonesia ke lebih banyak negara di dunia.”(ESG-1)