PLN Siagakan 69 Ribu Personel untuk Jaga Keandalan Listrik Selama Ramadan dan Idulfitri 2025

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa pihaknya telah menetapkan Periode Siaga RAFI 2025 yang berlangsung mulai 24 Maret 2025 (H-7) hingga 8 April 2025 (H+7).

ESG News – PT PLN (Persero) memastikan keandalan pasokan listrik selama Ramadan dan Idulfitri 2025 (RAFI 2025) dengan membentuk Special Force yang terdiri dari 69 ribu personel di seluruh Indonesia. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa Periode Siaga RAFI 2025 akan berlangsung mulai 24 Maret 2025 (H-7) hingga 8 April 2025 (H+7) guna memastikan kenyamanan masyarakat dalam beribadah dan beraktivitas.

“PLN menyiapkan Special Force yang siaga penuh di lokasi-lokasi strategis seperti tempat pelaksanaan salat Id, bandara, stasiun, terminal, pusat kegiatan masyarakat, serta lokasi acara penting lainnya. Kami juga menyiapkan suplai listrik berlapis untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan,” ujar Darmawan.

PLN Siagakan Ribuan Posko dan Peralatan Pendukung

Selama Periode Siaga RAFI 2025, PLN akan mengoperasikan 3.830 posko siaga yang tersebar di seluruh Indonesia. Setiap posko didukung dengan berbagai peralatan guna memastikan suplai listrik tetap andal, di antaranya: 1.839 unit genset untuk pasokan listrik cadangan, 636 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk kestabilan daya, 1.276 gardu bergerak guna mendukung distribusi listrik, 348 truk crane untuk pemeliharaan jaringan dan 4.755 unit mobil dan 4.250 unit motor operasional untuk mempercepat respons lapangan

Darmawan menambahkan bahwa PLN telah memastikan kapasitas daya pembangkit dalam kondisi normal dan siap mendukung peningkatan konsumsi listrik selama Ramadan dan Idulfitri.

Mitigasi dan Respons Cepat untuk Gangguan Listrik

PLN juga menerapkan berbagai strategi mitigasi untuk memastikan pasokan listrik tetap andal. Salah satunya adalah dengan membatasi pekerjaan yang berpotensi menyebabkan gangguan kecuali dalam kondisi darurat.

“Kami menyiapkan satuan tugas khusus yang siaga 24 jam guna menangani gangguan listrik dengan cepat, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah dan merayakan Idulfitri dengan nyaman,” tambah Darmawan.

Selain itu, PLN juga meningkatkan kesiapan layanan pelanggan dengan menyediakan kanal pengaduan yang responsif. Masyarakat dapat menghubungi PLN Mobile atau Contact Center 123 untuk melaporkan gangguan listrik selama Periode Siaga RAFI 2025.

Dengan langkah-langkah ini, PLN berkomitmen untuk menjaga pasokan listrik yang andal demi mendukung kelancaran ibadah serta aktivitas masyarakat selama bulan suci Ramadan dan perayaan Idulfitri 2025. (ESG-1)

Related posts