BTN Gandeng Dewan Masjid Indonesia, Dorong Inklusi Keuangan Umat Lewat Solusi Digital

BTN Gandeng Dewan Masjid Indonesia. (dok.BTN)

ESG News – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) kembali memperluas perannya dalam mendorong inklusi keuangan nasional melalui inovasi digital. Kali ini, BTN menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk menghadirkan layanan keuangan berbasis aplikasi bagi masjid-masjid di seluruh Indonesia.

Melalui kerja sama yang diresmikan pada Sabtu, 17 Mei 2025, BTN menghadirkan kemudahan bertransaksi digital—mulai dari donasi hingga pengelolaan keuangan masjid—melalui sistem QRIS dan aplikasi Super App Bale by BTN.

“BTN berkomitmen menghadirkan solusi keuangan yang inklusif dan memberdayakan masyarakat, termasuk pengurus dan jamaah masjid,” ujar Thomas Wahyudi, SEVP Digital Business BTN. “Melalui aplikasi Bale, pengurus masjid kini bisa membuka rekening, menerima donasi, dan bahkan mengakses berbagai produk keuangan tanpa harus datang ke cabang.”

Masjid sebagai Pilar Ekonomi Umat

Dalam kerja sama ini, BTN menyediakan layanan donasi digital melalui QRIS yang terintegrasi dengan aplikasi Bale by BTN, serta membantu pengurus masjid membuka rekening dan mengelola dana secara transparan. Tak hanya itu, BTN juga mengajak para takmir masjid menjadi bagian dari ekosistem keuangan digital sebagai Agen BTN—dengan potensi penghasilan tambahan dari berbagai layanan transaksi seperti pembayaran listrik, zakat, hingga pembelian pulsa.

Tak kalah penting, BTN membuka akses KPR subsidi bagi para takmir masjid, sejalan dengan spesialisasi bank dalam sektor pembiayaan perumahan. Solusi ini diarahkan untuk menjawab kebutuhan tempat tinggal layak bagi pekerja sektor informal, termasuk pengurus masjid.

Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla, menegaskan pentingnya peran masjid dalam memajukan perekonomian umat. “Kerja sama ini menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga pusat pemberdayaan ekonomi berbasis digital,” ungkapnya.

Digitalisasi dan Pertumbuhan Bale by BTN

Hingga akhir Maret 2025, pengguna Super App Bale by BTN telah menembus 2,4 juta user dengan nilai transaksi mencapai Rp22,3 triliun. BTN optimistis angka ini akan tumbuh menjadi 3,6 hingga 4 juta pengguna pada akhir tahun.

Tahap awal kerja sama dengan DMI menargetkan digitalisasi hingga 50.000 masjid per tahun, dengan harapan akan tumbuh menjadi basis ekosistem ekonomi umat yang inklusif dan berkelanjutan. 

“Dengan Super App Bale, semua layanan keuangan hadir dalam satu platform. Efisien, transparan, dan mendukung penguatan literasi keuangan di level komunitas,” pungkas Thomas. (ESG-1)

Related posts