ESG News – Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, naik kelas bukan lagi sekadar impian bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan komitmen yang kuat, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menghadirkan BNI Xpora, sebuah program yang dirancang untuk mendorong UMKM agar bisa berdaya saing hingga ke pasar internasional.
Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menegaskan bahwa BNI Xpora merupakan upaya nyata dalam memperkuat ekosistem UKM berorientasi ekspor dengan tiga pilar utama: Go Productive, Go Digital, dan Go Global. Program ini tidak hanya memberikan akses permodalan, tetapi juga ekosistem yang mendukung ekspor, termasuk pendampingan dan jaringan pasar internasional.
Keberhasilan program ini tercermin dalam data hingga akhir Desember 2024, di mana total outstanding kredit usaha berorientasi ekspor BNI mencapai Rp33,6 triliun untuk 18.432 debitur. Selain itu, nilai transaksi perdagangan yang difasilitasi mencapai Rp108,04 triliun. Capaian ini menunjukkan bahwa semakin banyak UMKM yang mendapat kesempatan untuk berkembang ke tingkat yang lebih tinggi.
Salah satu contoh nyata dari keberhasilan BNI Xpora adalah PT Azaki Food Internasional. Perusahaan ini, yang berawal dari Rumah Tempe Azaki pada 2005 di Bogor, kini telah menembus pasar ekspor ke 10 negara berkat dukungan BNI Xpora. Direktur Azaki Food, Cucup Ruhiyat, berbagi kisah bagaimana usahanya berkembang pesat berkat akses permodalan dan pendampingan dari program ini.
“Hari ini, produk Tempe Azaki sudah menguasai hampir seluruh pasar modern di Jabodetabek dan sudah diekspor ke berbagai negara, mulai dari Hong Kong, Jepang, hingga Amerika Serikat,” ungkap Cucup. Ia juga menekankan bahwa sejak bergabung dengan BNI Xpora pada 2021, bisnisnya semakin berkembang dengan optimal memanfaatkan peluang pasar global.
Transformasi Azaki Food tidak hanya terjadi dalam skala ekspor, tetapi juga dalam aspek inovasi dan manajerial. Dengan berbagai sertifikasi internasional yang telah diperoleh, Azaki Food semakin diterima di pasar dunia sebagai produsen tempe berkualitas tinggi.
“Dalam lima tahun ke depan, PT AFI akan terus mengejar pasar global, melakukan berbagai inovasi, dan penguatan manajerial. Di sinilah Xpora diharapkan bisa terus mengawal dan memberikan dukungan bagi perjalanan Tempe Azaki,” kata Cucup.
Keberhasilan Azaki Food menjadi bukti bahwa dengan akses yang tepat, UMKM dapat berkembang dari skala lokal ke global. BNI Xpora tidak hanya membantu UMKM dalam mengakses pembiayaan, tetapi juga memberikan wawasan, jaringan, dan strategi untuk bersaing di tingkat internasional. Ke depan, BNI terus berkomitmen untuk mendukung lebih banyak UMKM berorientasi ekspor agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian nasional. (RO/ESG-1)